Marissa Nadler – Birds (Neil Young Cover)

Marissa Nadler adalah salah satu solois perempuan yang dilahirkan kembali oleh 2011, Nadler dengan self titled albumnya mungkin tidak sebesar Adele dengan 21nya yang akhir pekan kemarin tampil mengagumkan di Grammy dan mendapatkan satu menit standing ovation karenanya, tapi album kelima Nadler tersebut boleh dikatakan sesuatu yang tidak akan bisa saya acuhkan setelah mendengarnya untuk kali pertama. Jadi ketika minggu lalu Nadler merilis Birds (Neil Young) di laman Soundcloudnya, saya merasa harus membaginya disini.

Pertama karena ini adalah Neil Young. Seperti yang dikatakan Hank dari WLFY, “Young adalah sosok yang bisa menyentuhmu dengan cara yang tidak dapat dilakukan oleh orang lain”. Tidak seperti Dylan, tidak bahkan Lennon, tanpa mengesampingkan mereka karya-karya Young lebih menyentuh pribadi pendengarnya. Liriknya akan membuatmu tertegun, memenuhi kepalamu dengan makna yang kompak atas kata per kata yang dilantunkannya. Dylan dan Lennon adalah “pendakwah” sosial kemanusiaan yang luar biasa, ketika berbicara tentang perasaan Young lah orangnya. Young menulis tentang dirinya sendiri, yang berarti juga akan kita maknai sebagai diri kita sendiri. Kedua adalah suara Nadler yang, jangan salahkan saya, akan membuatmu jatuh cinta.

Birds adalah bagian dari album Nadler yang berisi cover version dari para pendahulunya, Covers Volume II. Selain Neil Young dalam album ini juga bisa ditemui single-single lawas dari Leonard Cohen, Bruce Springsteen, Bob Dylan dan banyak lagi. Covers Volume II bisa dibeli melalui laman Etsy Nadler seharga $20 ($24 termasuk ongkos kirim ke Indonesia).

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.