The Antlers – Burst Apart

Beberapa musisi suka memberikan kesan bahwa rilisnya adalah sebuah taman bermain dengan beragam atraksi dengan tingkat kesenangan yang berbeda-beda sehingga siapapun bisa masuk dan ikut menikmatinya, baik itu semua atau hanya beberapa, silahkan dipilih tergantung selera. Beberapa lain lebih suka membuatnya seperti sebuah lounge dengan konsep tertentu yang hanya dapat dinikmati oleh sebagian orang atau pada waktu tertentu saja. Burst Apart adalah sebuah lounge yang dibuat sedemikian rupa sehingga mempunyai esensi tertentu ketika mendengarkannya.

Sepertihalnya Hospice, rilis mereka sebelumnya, album keempat dari The Antlers ini adalah sebuah rilis yang emosional. Kalau dalam Hospice kita menemukan gambaran sebuah hubungan antara seorang perawat dengan pasiennya, dalam Burst Apart akan kita temukan seseorang yang sedang menyatakan ketidakmengertiannya tentang bagaimana suatu perasaan menyenangkan seperti jatuh cinta kemudian berubah menjadi sesuatu yang menyakitkan ketika patah hati. Percayalah sebelum menulis ulasan ini, saya sudah berusaha sebisa mungkin agar tidak terdengar melankolis. Tapi memang itu yang akan kita temukan ketika mendengarkan rilis ini, secara lirikal.

Sementara musiknya, seperti sudah saya sebutkan tadi, dikonsep sedemikian rupa agar mengantarkan pernyataan-pernyataan liriknya tersebut. Melodi yang tenang dengan tempo lambat, tapi tidak untuk menyayat pendengar dengan sound seadanya walau memang minimalis. Seperti musik latar yang sedang mengiringi puisi, membiarkan lirik-liriknya berdiri paling depan mengantarkan esensi dari track ke track. Seperti Death Cab For Cutie dengan tempo yang lebih tenang. Tengok track Tiptoe dan I don’t Want Love.

Simpan album ini karena termasuk rilis terbaik 2011 versi saya, juga karena siapa tahu dikemudian hari pacarmu yang luar biasa itu ternyata lebih menyukai orang lain yang mandi dua kali sehari daripada yang mandi dua hari sekali. Set lengkap Burst Apart bisa kamu dengarkan diatas. Selamat menikmati, jangan lupa untuk berlangganan RSS kami untuk ulasan-ulasan film dan musik kesukaanmu.

The Antlers Burst Apart Album Cover

One Reply to “The Antlers – Burst Apart”

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.