Daughter – His Young Heart EP

Dingin, damai, sendiri.

Daughter adalah duo asal Inggris, beranggotakan Elena Tonra dan Igor Haefeli. Daughter adalah sebuah grup musik folk yang menciptakan melodi indah dengan iringan gitar akustik ekspresif. Dan Daughter, adalah salah satu band terbaik yang pernah saya dengar.

His Young Heart, EP debut mereka yang dirilis…. Oke, saya akui, saya tidak tahu kapan EP ini dirilis. Saya pun tidak tahu banyak tentang Daughter, selain fakta bahwa nama mereka mustahil di-google.  Tapi, jujur saja, untuk apa saya peduli pada semua tetek bengek dan omong kosong teknis seperti itu? Untuk apa saya menjabarkan teknik vokal, untuk apa saya berbicara tentang kualitas produksinya, untuk apa saya berbicara soal asal muasal mereka, untuk apa saya berbicara tentang lirik mereka? Untuk apa saya berbicara soal semua hal yang, jujur saja, tidak saya pedulikan? Kawan-kawan, percayalah. Bersama Daughter, the beauty lies in not knowing.

Begitu jauh rasanya, namun secara bersamaan begitu dekat. Alunan vokal Elena menemani sore hari saya, membuat setiap rintik hujan tampak lebih berarti. Saya rasanya ingin memeluk stereo saya saking bahagianya. Musik seharusnya begini, musik seharusnya bisa menciptakan gelora emosi seperti ini. Begitu damai, namun tidak membosankan. Begitu bahagia, namun tidak naif. Elena bernyanyi seperti seseorang yang telah lama mengarungi kehidupan, merasakan keindahan dan kebusukannya, lantas kembali pulang ke pelukan rumahnya.

Menjelang akhir nomor ‘Switzerland’, penutup EP singkat yang indah dan menghantui ini, saya menutup mata dan berfantasi. Terkadang, ada album/EP tertentu yang mengingatkan saya bahwa dunia ini memang indah. Bahwa hidup ini memang spesial. Bahwa di balik segala kegelisahan, di balik segala keresahan, ada harapan. Terkadang, ada album/EP tertentu yang mengingatan saya bahwa musik bukan hanya melodi dan nada, namun juga ekspresi jiwa yang murni dan tak terbantahkan. EP ini salah satunya. Sebuah mahakarya dari musisi muda yang bisa saja tumbuh menjadi legenda, setara raksasa-raksasa lainnya macam John Martyn, Vashti Bunyan, hingga Nick Drake. All in all, debut terbaik sejak ‘Funeral’.

Daughter

One Reply to “Daughter – His Young Heart EP”

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.