Cults’ Cults

Dengan dua single yang diakui Pitchfork sebagai Best New Music, tidak ada alasan untuk tidak menengok dua musisi asal Manhattan, New York ini. Brian Oblivion bertemu Madeline Follin yang sebelumnya dikenal sebagai pengisi suara pada sebuah band punk bernama Youth Gone Mad di kampus mereka New York University. Keduanya sepakat untuk membentuk Cults pada 2010 dan mulai memainkan musik noise rock yang lebih melodis, beberapa orang menyebutnya dengan noise pop. Cults kemudian merilis sendiri EP mereka di Bandcamp, hasilnya adalah sebuah kontrak dengan sebuah label milik Lily Allen bernama In the Name Of. Dari kontrak tersebut, Juni tahun ini Cults merilis album pertamanya.

Self titled album ini meraih banyak ulasan positif, kontrak untuk mengisi soundtrack game PS3, serta kesempatan untuk bermain dalam gig-gig besar seperti yang mereka lakukan September lalu ketika tampil dalam ATP I’ll Be Your Mirror yang diantaranya dikurasi oleh Portishead. Sepertihalnya musik-musik noise lainnya album ini berisi suara-suara kasar yang bergaung di mana-mana, juga tentu saja distorsi yang menenggelamkan suara vokal lebih dalam lagi. Yang membedakan Cults dengan pengusung noise rock seperti Sonic Youth adalah penulisan lirik mereka yang lebih ringan, serta tentu saja lebih banyak unsur melodis yang dipakai. Melalui widget dari Grooveshark di bawah post ini kalian boleh coba dengarkan track Rave On, selain distorsi dan synth-synth kasar, suara organ dan dan kocokan gitar dengan efek clean merupakan ciri khas mereka yang akan banyak kita temukan dalam Cults.

Sebagai perbandingan, Cults adalah Jesus and Mary Chain dengan sentuhan indie pop. Untuk bekal menikmati album perdana mereka ini berikut adalah dua track lain yang harus didengarkan, Go Outside yang berasal dari EP mereka terdahulu serta track favorit saya dalam album ini, Abducted. Ikuti perkembangan terbaru tentang Cults di FacebookTwitterWebsite, dan Last.fm mereka. Atau cukup berlangganan RSS kami. Enjoy!

Cults's Cult Cover

One Reply to “Cults’ Cults”

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.