Blur: No Distance Left To Run

No Distance Left To Run adalah sebuah dokumenter yang dibuat pada musim panas 2009 lalu ketika Blur reuni setelah berpisah selama hampir 7 tahun dan menggelar tour di beberapa kota di Inggris. Blur adalah Britpop, bicara Britpop tentu saja harus bicara Blur, namun di tengah-tengah dokumenter akan kita lihat bagaimana sebutan Britpop itu sangat mempengaruhi band terutama sang gitaris Graham Coxon.

Banyak cerita yang disampaikan dalam dokumenter ini yang belum diketahui publik. Tentu saja mereka bicara sejarah, disusun dalam rangkaian flashback yang diselipkan diantara lagu perlagu selama tur reuni mereka. Bagaimana Damon Albarn memulai Blur, persahabatan yang terjalin di antara keempat personilnya, persahabatan Alex James dengan Graham yang menginspirasinya untuk menulis Bit Of A Blur, sosok personil paling kalem Dave Rowntree, cerita sebenarnya dibalik perseteruan mereka dengan Oasis, dan terutama bagaimana cerita sesungguhnya mengenai perpisahan mereka setelah Think Tank.

 Sajian rutin sebuah dokumenter musik ada di sini, eksploitasi emosi per personil serta drama depresi orang perorang barang tentu jadi bahan jualan. Jangan lupa banyak footage yang tidak pernah dipublish sebelumnya, lantas kalau kalian beruntung menemukan DVDnya, ada tayangan konser terbesar pertama mereka paska reuni di Hyde Park London pada DVD ke 2. Dokumenter ini merupakan sindiran untuk mereka yang menganggap Blur adalah Damon Albarn seorang, juga sebagai jawaban atas penghakiman publik yang memihak antara Oasis dan Blur di pertengahan ’90an lalu. Dokumenter ini koleksi berharga untuk mereka yang merasa terpengaruh oleh Blur serta era ’90an pada umumnya.

Author: Andri Permana

Music and movie enthusiast.

1 thought on “Blur: No Distance Left To Run”

Leave a Reply